Sunday, November 20, 2016

Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Aula Hotel Santika

KOTA TASIKMALAYA - Koran Jabar, Kementerian Pariwisata Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan Asisten Deputi Pengembangan SDM Kepariwisataan bekerjasama dengan Disbudparpora Kota Tasikmalaya menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan di Aula Hotel Santika, Jum’at (18/11) kemarin. Kegiatan dibuka Wakil Ketua Komisi XI DPR/MPR RI Ferdiansyah, Deputi SDM Prof. H. M. Ahman Sya, serta berbagai unsur masyarakat Pariwisata dan elemen lainnya.

Dalam kesempatan itu, Kadisbudparpora H. Undang Hendiana mengatakan, bahwa banyak faktor yang mendukung untuk meningkatkan dan memajukan potensi wisata di suatu daerah, diantaranya Sumber Daya Manusia yang mengelola dan potensi pariwisata dikelola dengan baik serta sistem informasi dan promosi yang terintegrasi secara optimal dari berbagai elemen masyarakat. Hal itu, akan menjadi sumber sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

”Dengan SDM pengelola pariwisata yang memiliki potensi dan kemampuan dalam mengembangkan potensi wisata melalui berbagai elemen akan menjadikan objek pariwisata sebagai daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung,” ungkapnya. Menurutnya, pariwisata bukan hanya dilihat dari cantik, elok, menarik dan indahnya, namun yang sangat penting yakni SDM pengelola kepariwisataan yang memiliki peran dalam pengembangannya.

( Baca : Puluhan PMKS Terjaring Operasi Pekat )

Sementara itu, Deputi SDM Kepariwisataan mengungkapkan, kemajuan destinasi pariwisata sangat tergantung dari SDM yang berkecimpung dibidangnya. ”Ibarat sehebat-hebatnya senjata, kalau orangnya tidak bisa menggunakan misal akan menembak kaki tapi yang kena kepala, ini bahaya. Jadi, dalam pembangunan pariwisata ini, SDM harus disiapkan dan memiliki kemampuan,” jelasnya.

Ia menerangkan, perkembangan pariwisata bukan hanya destinasi alam yang hebat juga bukan soal atraksi budayanya yang luar biasa tapi yang sangat penting promosinya. ”Kekurangan kita termasuk di Kota Tasikmalaya tidak pernah meningkatkan dan membangun pariwisata melalui cara promosi dengan kegiatan pemberian pengetahuan tentang kepariwisataan ini, agar para peserta bisa mempromosikan destinasi pariwisata Kota Tasikmalaya diberbagai media untuk bisa maju dan dikenal banyak orang agar berkunjung yang dampaknya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya. ***TH

No comments:
Write komentar

Powered by Blogger.

Sponsor

Video Of Day

Flickr Images